Sistem Penjaminan Mutu Internal 2021

6. Ketercapaian Indikator Kinerja Standar Proses Pembelajaran

6.1 Dekan bersama Ketua Jurusan memastikan proses pembelajaran yang berjalan di program studi memenuhi karakteristik yang terdiri atas sifat interaktif, holistik, integratif, saintifik, kontekstual, tematik, efektif, kolaboratif, dan berpusat pada mahasiswa setiap semester.
Download

6.1.1 Terdapat bukti sahih proses pembelajaran yang memenuhi karakteristik yang terdiri atas sifat interaktif, holistik, integratif, saintifik, kontekstual, tematik, efektif, kolaboratif, dan berpusat pada mahasiswa.

1
Base Line - 2020(100%).
2
Periode - 2021(100%).

6.1.2 Proses pembelajaran dijalankan mencakup:

1
Karakteristik proses pembelajaran;.
2
Perencanaan proses pembelajaran;.
3
Perencanaan proses pembelajaran;.
4
Pelaksanaan proses pembelajaran; dan.
5
Beban belajar mahasiswa..
6
Base Line - 2020(100%).
7
Periode - 2021(100%).
6.2 Dosen pengembang RPS dan dosen pengampu mata kuliah melaksanakan proses pembelajaran berlangsung dalam bentuk interaksi antara dosen, mahasiswa, dan sumber belajar dalam lingkungan belajar dalam lingkungan belajar tertentu setiap semester.
Download

6.2.1 Ketersediaan RPS semua mata kuliah harus mencapai 100% setiap awal semester.

1
Base Line - 2020(100%).
2
Periode - 2021(100%).

6.2.2 Terdapat kesesuaian RPS dengan capaian pembelajaran lulusan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi setiap semester.

1
Base Line - 2020(100%).
2
Periode - 2021(100%).

6.2.3 Bentuk pembelajaran bauran sebagai upaya modernisasi pembelajaran dilakukan dengan proporsi:

1
Proporsi 0% daring untuk bentuk pembelajaran konvensional atau tatap muka;.
2
Proporsi 1-29% daring untuk bentuk pembelajaran terfasilitasi jaringan (web enhanced);.
3
Proporsi 30-79% daring untuk bentuk pembelajaran bauran (blended);.
4
Proporsi ≥ 80% daring untuk bentuk pembelajaran daring penuh; dan/atau.
5
Proporsi yang dikembangkan oleh dosen pengembang RPS dan dosen pengampu mata kuliah dalam upaya mencapai capaian pembelajaran..
6
Base Line - 2020(100%).
7
Periode - 2021(100%).

6.2.4 Bentuk pembelajaran dalam 1 sks setiap semester pada proses pembelajaran berupa kuliah, responsi atau tutorial terdiri atas:

1
Kegiatan proses belajar 50 (lima puluh) menit per minggu per semester;.
2
Kegiatan penugasan terstruktur 60 (enam puluh) menit per minggu per semester; dan.
3
Kegiatan mandiri 60 (enam puluh) menit per minggu per semester..
4
Base Line - 2020(100%).
5
Periode - 2021(100%).

6.2.5 Bentuk pembelajaran dalam 1 sks setiap semester pada proses pembelajaran berupa seminar atau bentuk lain yang sejenis terdiri dari:

1
Kegiatan proses belajar 100 (seratus) menit per minggu per semester; dan.
2
Kegiatan mandiri 70 (tujuh puluh) menit per minggu per semester..
3
Base Line - 2020(100%).
4
Periode - 2021(100%).

6.2.6 Bentuk pembelajaran dalam 1 sks setiap semester pada proses pembelajaran berupa praktikum, praktik studio, praktik bengkel, praktik lapangan, dan praktik kerja setara dengan 170 (seratus tujuh puluh) menit per minggu per semester.

1
Base Line - 2020(100%).
2
Periode - 2021(100%).
6.3 Dosen pengembang RPS dan dosen pengampu mata kuliah yang mengembangkan pembelajaran dalam bentuk penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, wajib mengacu pada Standar Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat yang dievaluasi setiap semester.
Download

6.3.1 Terdapat mata kuliah kompetensi dan keunggulan program studi menggunakan bentuk pembelajaran penelitian dan pengabian kepada masyarakat.

1
Base Line - 2020 (20%).
2
Periode - 2021 (30%).

6.3.2 Bentuk pembelajaran penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan ke dalam mata kuliah harus memiliki luaran yang terukur dapat berupa hasil proyek.

1
Base Line - 2020(20%).
2
Periode - 2021(30%).
6.4 Dekan dan Ketua Jurusan memastikan proses pembelajaran melalui kegiatan kurikuler wajib dilakukan secara sistematis dan terstruktur melalui berbagai mata kuliah dan dengan beban belajar yang terukur setiap semester.
Download

6.4.1 Bentuk pembelajaran yang diterapkan berbasis Student Center Learning (SCL) dengan pendekatan 1) pembelajaran konvensional atau pembelajaran tatap muka; 2) pembelajaran dalam jaringan (daring) secara penuh; dan 3) pembelajaran bauran yang disesuaikan dengan capaian pembelajaran di setiap semester.

1
Base Line - 2020(100%).
2
Periode - 2021(100%).

6.4.2 Kegiatan perkuliahan dan/atau praktikum dilaksanakan paling sedikit 14 kali minggu pertemuan, di luar ujian tengah semester dan ujian akhir semester setiap mata kuliah per semester.

1
Base Line - 2020(100%).
2
Periode - 2021(100%).

6.4.3 Masa dan beban belajar penyelenggaraan pendidikan yang mencakup:

1
Paling lama 5 (lima) tahun akademik untuk program diploma tiga, dengan beban belajar mahasiswa paling sedikit 108 (seratus delapan) sks;.
2
Paling lama 7 (tujuh) tahun akademik untuk program sarjana dan sarjana terapan, dengan beban belajar mahasiswa paling sedikit 144 (seratus empat puluh empat) sks; dan.
3
Paling lama 3 (tiga) tahun akademik untuk program profesi setelah menyelesaikan program sarjana atau sarjana terapan, dengan beban belajar mahasiswa paling sedkit 24 (dua puluh empat) sks..
4
Base Line - 2020(100%).
5
Periode - 2021(100%).

6.4.4 Pemenuhan masa dan belajar bagi mahasiswa program sarjana dan sarjana terapan dapat dilakukan dengan cara:

1
Mengikuti proses pembelajaran dalam program studi sesuai dengan masa dan beban belajar; atau.
2
Mengikuti proses pembelajaran di dalam program studi untuk memenuhi sebagian masa dan beban belajar dan sisanya mengikuti proses pembelajaran di luar program studi..
3
Base Line - 2020(100%).
4
Periode - 2021(100%).

6.4.5 Proses pembelajaran dilakukan melalui sistem blok pembelajaran.

1
Base Line - 2020(100%).
2
Periode - 2021(100%).

6.4.6 Dosen wajib hadir 100% dalam proses pelaksanaan pembelajaran.

1
Base Line - 2020(100%).
2
Periode - 2021(100%).

6.4.7 Mahasiswa dapat tidak mengikuti perkuliahan dengan proporsi maksimal 15% dari seluruh total minggu pertemuan.

1
Base Line - 2020(100%).
2
Periode - 2021(100%).

6.4.8 Beban belajar mahasiswa program diploma tiga, sarjana terapan, dan sarjana yang berprestasi akademik tinggi dapat mengambil maksimal 24 (dua puluh empat) sks per semester pada semester selanjutnya setelah 2 (dua) semester pada tahun akademik pertama.

1
Base Line - 2020(100%).
2
Periode - 2021(100%).
6.5 Dosen pengembang RPS dan dosen pengampu mata kuliah dapat menetapkan bentuk pembelajaran yang berbasis Student Center Learning (SCL) dengan pendekatan 1) pembelajaran konvensional atau pembelajaran tatap muka; 2) pembelajaran dalam jaringan (daring) secara penuh; dan 3) pembelajaran bauran yang disesuaikan dengan capaian pembelajaran di setiap semester.
Download

6.5.1 Metode pembelajaran untuk pelaksanaan proses pembelajaran di setiap mata kuliah yang dapat meliputi: 1) diskusi kelompok; 2) simulasi; 3) studi kasus; 4) pembelajaran kolaboratif; 5) pembelajaran kooperatif; 6) pembelajaran berbasis proyek; 7) pembelajaran berbasis masalah; 8) atau metode pembelajaran lainnya yang dapat secara efektif memfasilitasi pemenuhan capaian pembelajaran lulusan yang dituangkan dalam RPS di setiap semester.

1
Base Line - 2020(100%).
2
Periode - 2021(100%).

6.5.2 Pembelajaran yang dituangkan setiap RPS mata kuliah dapat menggunakan satu atau gabungan dari beberapa metode pembelajaran.

1
Base Line - 2020(100%).
2
Periode - 2021(100%).

6.5.3 Terdapat panduan atau modul dan log book untuk bentuk pembelajaran berupa praktikum, praktik studio, praktik bengkel, praktik lapangan, dan praktik kerja setiap semester.

1
Base Line - 2020(100%).
2
Periode - 2021(100%).

6.5.4 Terdapat modul perkuliahan untuk semua mata kuliah.

1
Base Line - 2020(100%).
2
Periode - 2021(100%).
6.6 Rektor bersama Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, tim pengembang pendidikan, Dekan, dan Ketua Jurusan menetapkan kalender akademik yang terdiri dari 2 semester (gasal dan genap) dan semester antara setiap tahun akademik di tingkat universitas, fakultas, dan program studi.
Download

6.6.1 Terdapat bukti sahih kebijakan, pedoman, dan prosedur perumusan dan penetapan kalender akademik yang terdiri dari semester gasal, genap, dan antara serta program lainnya yang menunjang pengembangan universitas, fakultas, dan program studi.

1
Base Line - 2020(100%).
2
Periode - 2021(100%).

6.6.2 Penyelenggaraan semester antara di setiap semester yang terdiri dari: selama paling sedikit 8 (delapan) minggu; beban mahasiswa paling banyak 9 (sembilan) sks; dan sesuai beban belajar mahasiswa untuk memenuhi capaian pembelajaran yang telah ditetapkan.

1
Base Line - 2020(100%).
2
Periode - 2021(100%).
6.7 Mahasiswa wajib menyusun tugas akhir pada semester akhir sebagai salah satu persyaratan mendapatkan gelar sesuai dengan program dan jenjang pendidikan yang dapat diintegrasikan dengan bentuk pembelajaran yang relevan.
Download

6.7.1 Terdapat dokumen sahih kebijakan, pedoman, dan prosedur tugas akhir bagi mahasiswa.

1
Base Line - 2020(100%).
2
Periode - 2021(100%).

6.7.2 Dosen pembimbing tugas akhir terdiri dari 2 (dua) orang terdiri pembimbing utama dan pendamping dengan tanggung jawab dan tugas sesuai porsinya dalam proses pembimbingan.

1
Base Line - 2020(100%).
2
Periode - 2021(100%).

6.7.3 Dosen pembimbing ditentukan oleh program studi sesuai dengan roadmap, kualifikasi ilmu, dan kepakarannya untuk kemudian ditetapkan oleh Rektor.

1
Base Line - 2020(100%).
2
Periode - 2021(100%).

6.7.4 Pembimbing tugas akhir wajib melakukan proses pembimbingan, memonitor dan mengevaluasi proses penyusunan skripsi mahasiswa yang menjadi terbimbingnya sesuai dengn rencana yang dibuat mahasiswa dengan minimal 12 kali konsultasi tugas akhir kepada dosen pembimbing hingga tugas akhir dinyatakan selesai.

1
Base Line - 2020(100%).
2
Periode - 2021(100%).

6.7.5 Mahasiswa dinyatakan lulus tugas akhir apabila mendapat nilai minimal B, dan dimungkinkan untuk mengulang apabila nilai kurang dari B.

1
Base Line - 2020(100%).
2
Periode - 2021(100%).

6.7.6 Luaran hasil tugas akhir mahasiswa wajib dipublikasikan dalam proceeding atau jurnal ilmiah.

1
Base Line - 2020(50%).
2
Periode - 2021(100%).

7. Strategi Pencapaian Standar Proses Pembelajaran